Senin, 22 Mei 2023

Daftar Sekolah Kedinasan Milik Pemerintah

 





Sekolah Kedinasan menjadi salah satu alternatif yang dapat dipilih setelah Sobat Medcom lulus pendidikan menengah, baik itu SMA/SMA/MA sederajat. Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi yang berada langsung di bawa kementerian atau lembaga pemerintahan.

Sekolah kedinasan menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi tenaga ahli yang sesuai dengan kebutuhan pemerintah. Meski tidak semuanya, namun lulusan sekolah kedinasan biasanya dapat langsung bekerja atau menjadi aparatur sipil negara (ASN), sehingga membuat sekolah kedinasan menjadi incaran banyak orang.

Sama halnya dengan perguruan tinggi pada umumnya, daya tampung di sekolah kedinasan juga terbatas. Hal ini yang membuat seleksi untuk masuk sekolah kedinasan juga sangat ketat, karena selain menyeleksi menjadi mahasiswa juga sekaligus menyeleksi untuk menjadi ASN.

Dari segi biaya, sekolah kedinasan juga terhitung terjangkau bahkan ada yang menggratiskan uang kuliah, lho. Berikut ini adalah sejumlah sekolah kedinasan yang dapat Sobat Medcom pilih ketika lulus dari jenjang pendidikan menengah.


1.Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

Nama PKN STAN biasanya sudah tidak asing lagi di kalangan pelajar di Indonesia. Kampus ini berada di bawah Kementerian Keuangan dan memiliki tiga prodi atau jurusan kuliah

D-IV Akuntansi Sektor Publik

D-IV Manajemen Aset Publik

D-IV Manajemen Keuangan Negara

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Jika PKN STAN berada di bawah naungan Kemenkeu, maka IPDN berada langsung di bawah Kementerian Dalam Neger. Kampus ini khsusu menyiapkan mahasiswanya menjadi kader pemerintahan di tingkat daerah maupun pusat.  


Lulusan IPDN biasanya bekerja di sektor-sektor pemerintahan. IPDN membagi keilmuannya ke dalam tiga fakultas, sebagai berikut:


Fakultas Politik Pemerintahan IPDN

Jurusan Politik Indonesia Terapan

Jurusan Kebijakan Publik

Jurusan Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat

Fakultas Manajemen Pemerintahan

Jurusan Administrasi Pemerintahan Daerah

Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik

Jurusan Keuangan Publik

Jurusan Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan

Fakultas Perlindungan Masyarakat

Jurusan Perpolisian Tata Pamong

Jurusan Studi Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Jurusan Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik

3. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Poltekip merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Didirikan atas pertimbangan adanya kebutuhan sumber daya manusia di bidang Pemasyarakatan yang mendesak sehubungan dengan adanya perubahan sistem perlakuan terhadap pelanggar hukum di Indonesia dari Sistem Kepenjaraan menjadi Sistem Pemasyarakatan. 


Kampus ini didirikan sebagai Kawah Candradimuka kader-kader Pemasyarakatan di Indonesia dan memiliki tugas pokok melaksanakan pendidikan pada jalur pendidikan profesional program Diploma IV yang ditujukan pada keahliaan khusus di bidang Pemasyarakatan.

D-IV Manajemen Pemasyarakatan

D-IV Teknik Pemasyarakatan

D-IV Bimbingan Kemasyarakatan

0 komentar:

Posting Komentar